fbpx

Social Media Marketing dan Brand Equity terhadap Customer Response

Pada tahun 2020 Shopee untuk pertama kalinya memimpin sebagai e-commerce yang paling banyak dikunjungi dengan total 129,32 juta kunjungan. Akan tetapi pada tahun 2021, nyatanya Shopee tergeser menempati posisi kedua dengan jumlah pengunjung 134,4 juta kunjungan. Fenomena pengguna e-commerce yang naik turun tersebut, sebenarnya hal ini merupakan masalah dalam terciptanya customer response. Social Media Marketing secara keseluruhan memiliki kriteria sangat baik dengan persentase sebesar 87%.  Dalam variabel social media marketing yang mendapatkan nilai tertinggi adalah pernyataan “Saya dapat manfaatkan media sosial Instagram Shopee sebagai sarana mendapatkan  informasi” dan “Shopee  Indonesia mempunyai informasi yang bersifat up to date” dengan jumlah persentase 90%.

Hal ini menggambarkan bahwa sebagian besar followers akun instagram Shopee Indonesia menyadari bahwa tujuan adanya konten di Instagram Shopee adalah untuk mempermudah followers up to date mendapatkan informasi yang dibutuhkan dikarenakan informasi tersebut bersifat. Sedangkan, nilai terendah dalam pernyataan variable social media marketing adalah pernyataan “Saya data berdiskusi di kolom komentar Instagram Shopee Indonesia” dan “ Saya merasa  berinteraksi  dengan  Shopee  di  Instagram  sangat  trendi” dengan persentase 83% menggambarkan bahwa sebagian followers akun  instagram @shopee_id kurang tertarik berinteraksi dengan Instagram Shopee Indonesia yang mungkin hal tersebut dikarenakan bukan sesuatu yang trendi.

Social media marketing yang dilakukan Instagram shopee indonesia dapat diketahui berdasarkan hasil rekapitulasi tanggapan responden, diketahui bahwa variabel social media marketing berada pada kondisi dengan kategori sangat baik. Brand Equityyang dilakukan Instagram Shopee Indonesia dapat diketahui berdasarkan hasil rekapitulasi tanggapan  responden, diketahui bahwa variabel Brand Equity berada pada kondisi dengan kategori sangat baik, Customer Response Instagram Shopee Indonesia dapat diketahui berdasarkan hasil  rekapitulasi tanggapan responden, diketahui bahwa variabel Customer Response berada pada  kondisi dengan  kategori  sangat  baik.  Hal ini dikarenakan responden sangat berharap bahwa Shopee akan tetap bekerja dengan baik untuk jangka waktu yang lama, dan Variabel Social Media Marketing dan Brand Equity secara simultan berpengaruh terhadap Customer Response pada Instagram Shopee Indonesia.

Kami selaku konsultan pariwisata mengucapkan terimakasih kepada Instansi terkait atas kepercayaan dan kerjasamanya. Demikian artikel penelitian pariwisata ini disusun, semoga bermanfaat bagi pihak-pihak yang berkepentingan (stakeholders) dalam pembangunan pariwisata setempat.

Kata kunci: Konsultan pariwisata, penelitian pariwisata, kajian pariwisata

Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di +62 812-3299-9470

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *