fbpx

Purnakarya

Waktu yang berjalan saat melakukan sesuatu akan terasa begitu cepat dan pasti terdapat masa untuk selesai, termasuk dalam hal pekerjaan. Pada dunia kerja, istilah purnakarya terdengar tidak asing. Pada dasarnya purnakarya sehubungan dengan keadaan atau kedudukan setelah selesai berdinas atau keadaan pensiun. Memasuki usia purnakarya atau pensiun hendaknya jangan berhenti beraktivitas dan tetap melakukan hal-hal yang produktif. Hal ini perlu dilakukan agar purnakarya tetap memiliki dan menyadari value yang ada dalam dirinya, selain itu menyambut waktu pensiun tanpa melakukan persiapan bisa membuat kehilangan arah.

                Selain produktif pada usia purnakarya tentu lansia harus menjaga kesehatannya agar kebahagiaan terjaga, upaya yang perlu dilakukan agar tetap sehat yaitu dengan memperlambat proses degeneratif dengan;

  • Menghindari pola hidup yang tidak sehat, hal ini karena pola hidup tidak sehat dapat mendatangkan berbagai penyakit.
  • Memenuhi kebutuhan gizi secara seimbang, permasalahan gizi pada lansia merupakan proses masalah gizi sejak muda yang manifestasinya timbul setelah tua sehingga perlu menjaga keseimbangan gizi sejak dini.
  • Melakukan aktivitas fisik dan olahraga, jika dilakukan secara rutin maka akan meningkatkan kebugaran jasmani sehingga hari-hari akan terasa lebih ceria dan gembira.
  • Istirahat yang cukup, lama waktu tidur yang dibutuhkan lansia adalah dalam range 4-6 jam/hari dengan memperhatikan kualitas tidurnya.
  • Pemeriksaan kesehatan secara berkala, hal ini perlu dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan diri, mendeteksi kelainan secara dini, mengobati sesegera mungkin, mengerti apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan.

Masa purnakarya atau pensiun yang stabil dan menyenangkan merupakan impian hampir setiap orang, hal ini tentunya perlu dipersiapkan dengan baik agar tidak membebani keturunannya. Salah satu yang perlu dipersiapkan adalah perencanaan program pensiun agar di masa tua, seseorang dapat hidup dengan tenang dan mandiri secara finansial. Program purnakarya tidak hanya hanya dapat dimiliki oleh pekerja formal, semua orang dapat memiliki program pensiun sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik masing-masing individu.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pelatihan kami, anda dapat menghubungi Admin kami di nomor (0812-3299-9470).

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *