fbpx

Promosi Pariwisata

Hakekatnya ada empat bidang pokok yang dipengaruhi oleh usaha pengembangan pariwisata, yaitu ekonomi, sosial, budaya, dan lingkungan hidup. Dampak positif yang menguntungkan dalam bidang ekonomi yaitu bahwa kegiatan pariwisata mendatangkan pendapatan devisa negara dan terciptanya kesempatan kerja, serta adanya kemungkinan bagi masyarakat di daerah tujuan wisata untuk meningkatkan pendapatan dan standar hidup mereka. Dampak positif yang lain adalah perkembangan atau kemajuan kebudayaan, terutama pada unsur budaya teknologi dan sistem pengetahuan yang maju. Dampak negatif dari pengembangan pariwisata tampak menonjol pada bidang sosial, yaitu pada gaya hidup masyarakat di daerah tujuan wisata.

Gaya hidup ini meliputi perubahan sikap, tingkah laku, dan perilaku karena kontak langsung dengan para wisatawan yang berasal dari budaya berbeda. Sementara dari sisi yang lain, untuk menjadikan pariwisata sebagai sektor andalan penghasil utama devisa dibutuhkan strategi pemasaran dan pengemasan yang lebih baik dari sebelumnya. Peningkatan pengelolaan serta promosi potensi pariwisata Indonesia harus terus ditingkatkan, terutama ke negara-negara yang warganya kurang mengenal Indonesia. Promosi yang gencar sangat menentukan dalam upaya mengenalkan potensi wisata Indonesia ke masyarakat internasional. Pengelolaan kepariwisataan pada hakekatnya sama dengan mengelola sebuah perusahaan dengan produk tertentu. Usaha ini melibatkan juga penjual yang terdiri atas pemerintah dan para pengusaha-pengusaha di sektor kepariwisataan seperti pengusaha hotel, restoran, biro perjalanan dan lain-lain, sementara itu sebagai pelanggan atau pembeli adalah para wisatawan itu sendiri baik itu yang berasal dari mancanegara maupun nusantara. Sehingga pariwisata tanpa promosi adalah sia-sia.

Promosi menjadi ujung tombak bisnis pariwisata karena perannya sebagai penghubung produk kepada konsumen akhir. Fungsi utamanya adalah merangsang dan mendorong pasar untuk melakukan transaksi atau melaksanakan keputusan pembelian, dalam kasus bisnis pariwisata keputusan pembelian ini diwujudkan dalam bentuk kunjungan wisata. Beberapa langkah kongkrit yang dapat dilakukan dalam rangka Promosi Daerah Tujuan Wisata antara lain : 1) Promosi melalui materi-materi cetakan seperti leaflet, brosur, booklet dan buku panduan wisata. 2) Iklan, baik itu melalui televisi, radio, media cetak, poster/baliho 3) Pameran 4) Aktivitas kehumasan 5) Internet/home page. Faktor produk juga menjadi kunci keberhasilan industri pariwisata. Promosi yang gencar tanpa disertai dengan produk yang sepadan dengan promosi yang dilakukan, akan mengakibatkan pasar merespon negatif. Namun begitu sebaliknya, tanpa Promosi produk tidak akan dikenal dan pasar sasaran akhirnya tidak akan pernah berpikir atau mempertimbangkan mengenai keputusan berwisata. Salah satu yang menjadi daya tarik bagi suatu wilayah adalah karena tingkat keaslian wilayah tersebut, karena pengembangan produk utama sebaiknya mempertahankan keaslian produk tersebut. Pengembangan produk yang lebih jauh dapat dilakukan dengan meningkatkan kualitas dan kuantitas tempat penginapan bag para wisatawan seperti hotel, restoran dan sebagainya.

Baca juga : Pelatihan dan Sertifikasi Pariwisata

Keberadaan media cetak dan elektronik sangat berperan nyata mempromosikan program pariwisata daerah hingga ke mancanegara. Media yang dapat digunakan dalam pengenalan pariwisata adalah booklet. Booklet memuat informasi yang mendeskripsikan tempat wisata dan kegiatan budaya di suatu daerah. Booklet dalam bahasa asing akan dapat membatu promosi internasional, sesuai dengan sasaran sektor pariwisata, yaitu peningkatan wisatawan mancanegara yang berkunjung sehingga akan meningkatkan pendapatan daerah tersebut.

Kami selaku konsultan pariwisata mengucapkan terimakasih kepada Instansi terkait atas kepercayaan dan kerjasamanya. Demikian artikel penelitian pariwisata ini disusun, semoga bermanfaat bagi pihak-pihak yang berkepentingan (stakeholders) dalam pembangunan pariwisata setempat. Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di (0812-3299-9470).

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *